tugas softskill: pertemuan 3
PERMAINAN
TIC-TAC-TOE
ABSTRAKSI
Acuan untuk membuat game “Realita Cinta dan Rock n Roll”
adalah pembuatan papan permainan dan alur game.
Game ini menggunakan papan 2 dimensi yang memiliki kotak + 12 x 12 atau
yang berjumlah 144 kotak. User dan AI diawal permainan di berikan masing –
masing 3
pin. Digame ini terdapat 4 menu
yaitu Permainan, Level, Help,
dan About. Dimenu Permainan terdapat submenu yaitu Mulai Baru, dan Keluar.
Dinamakan “Realita Cinta dan
Rock n Roll” dikarenakan tema dari game ini merupakan adaptasi dari sebuah Film berjudul serupa,
dengan 2 karakter dalam Film tersebut menjadi masing-masing karakter dari kedua
pin dalam permainan ini.
I PENDAHULUAN
Permainan Tic-Tac-Toe sangatlah sederhana diilhami
oleh permainan anak-anak. Dimainkan pada papan yang umumnya berukuran 3 x 3.
Pada awal permainan, papan dikosongkan. Kedua pemain, X dan O, akan
menempatkan pin-pinnya keatas papan,
sekali pasang satu pin. Pemain yang mampu menempatkan tiga pinnya dalam satu
garis (vertikal, horizontal, diagonal) itulah yang menang. Dan dikatakan seri
apabila papan telah penuh maupun tidak ada yang menang.
Permainan Tic-Tac-Toe ini akan di
kembangkan menjadi 12x12 dimana tujuan game
ini buat adalah untuk mengambil alih pin lawan dan mengakhiri game dengan
jumlah pin pada board lebih banyak dari lawan. Terdapat juga kondisi Draw
dimana ketika kondisi semua kotak sudah terpenuhi (144 kotak) dan jumlah masing
– masing pin adalah sama yaitu 72 pin.
Pada awal permainan user akan diberi 3 pin dan AI juga di beri pin sebanyak 3 buah. User akan menjalankan pin terlebih
dahulu, dengan cara mengapit objek lawan, setelah giliran lawan, kita hanya
bisa menunggu, setelah itu, mainkan sampai pin kita yang menjadi terbanyak dari
lawan.
II ISI
ALGORITMA MINIMAX
Algoritma
minimax merupakan algoritma yang diterapkan dalam game yang melibatkan dua pemain yang saling bergantian, seperti tic-tac-toe, chess, go, othello dan game yang menggunakan strategi atau logika lainnya. Persamaan
antara semua game tersebut yaitu
semua merupakan game logika dan game dengan informasi yang lengkap. Ini
berarti bahwa game merupakan
sekumpulan aturan main dan dasar pemikiran yang logis. Adanya aturan main dan
dasar pemikiran yang logis tersebut, maka nantinya setiap pemain dapat
mengetahui semua langkah yang mungkin dari pemain lawannya, sehingga pemain
bisa tetap “memantau” kondisi permainan sewaktu game sedang berlangsung.
Algoritma
minimax merupakan salah satu algoritma yang sering digunakan untuk game kecerdasan
buatan yang menggunakan teknik depth first search (DFS) dalam
pencariannya pada pohon dengan kedalaman terbatas . Algoritma minimax digunakan
untuk memilih langkah terbaik, dimana kedua pemain akan saling berusaha
untuk memenangkan permainan. Selain itu,
algoritma minimax ini bekerja secara rekursif dengan mencari langkah yang akan
membuat lawan mengalami kerugian minimum. Algoritma minimax mendeskripsikan
kondisi apabila terdapat pemain yang mengalami keuntungan, pemain lain akan
mengalami kerugian senilai dengan keuntungan yang diperoleh lawan dan
sebaliknya.
Algoritma
minimax akan melakukan pengecekan pada seluruh kemungkinan yang ada, sehingga
akan menghasilkan pohon permainan yang berisi semua kemungkinan permainan
tersebut . Dengan pohon permainan ini setiap pemain mengetahui langkah-langkah
yang mungkin diberikan pada situasi permainan saat ini. Sehingga untuk setiap
langkah dan semua langkah selanjutnya dapat diketahui. Dalam repersentasi pohon
pada algoritma minimax, terdapat dua jenis
simpul, yaitu simpul min dan simpul max. Max akan memilih langkah dengan
nilai tertinggi dan min akan memilih langkah dengan nilai terendah . Dalam
penentuan keputusan max/min tersebut dibutuhkan suatu nilai yang
merepresentasikan kerugian atau keuntungan yang akan diperoleh jika langkah
tersebut dipilih. Untuk itulah disini digunakan sebuah fungsi heuristik.
Fungsi
heuristik yang digunakan algoritma ini adalah fungsi heuristik statis . Fungsi
heuristik digunakan untuk mengevaluasi nilai sebagai nilai yang merepresentasikan
hasil permainan yang akan terjadi jika langkah tersebut dipilih. Dari
nilai-nilai heuristik inilah komputer akan menentukan simpul mana dari pohon
permainan yang akan dipilih, tentunya simpul yang akan dipilih tersebut adalah
simpul dengan nilai heuristik yang akan menuntun permainan ke hasil akhir yang
menguntungkan bagi komputer .
STRAWBERRY
PROLOG
Prolog adalah
bahasa pemrograman logika atau disebut juga sebagai bahasa non-procedural. Nama Prolog merupakan singkatan dari “Programming in Logic“.
Perbedaan Prolog dengan Bahasa Lain
Bisa dibilang lebih banyak bahasa
pemrograman saat ini yang memiliki sistem Procedural Language, yang
penggunaannya menggunakan algoritma terlebih dahulu dalam membuat suatu
penyelesaian. Prosedur dapat dibuat secara berulang sampai ditemukan solusi
yang diinginkan, yang sudah barang tentu dikendalikan oleh si pembuat program.
Inti dari prosedural itu sendiri adalah memberikan sederetan fungsi atau
perintah, sehingga komputer dapat menjalankan pemikiran secara otomatis untuk mendapatkan
solusi.
Prolog disebut sebagai object
oriented language atau declarative language. Dalam prolog
tidak terdapat prosedur, tapi hanya tampilan data-data object (fakta) yang akan
diolah dengan relasi antar object tersebut yang membentuk suatu aturan.
Aturan-aturan ini disebut HEURISTIK dan diperlukan dalam mencari suatu jawaban,
dengan kata lain, prolog dalam prolog adalah database.
Formal Reasoning digunakan
untuk mencapai goal atau tujuan, dengan cara menentukan
cocok tidaknya tujuan dengan data-data yang sudah ada beserta relasinya. Dengan
kata lainprolog bekerja seperti yang dilakukan oleh pemikiran
manusia, prolog cocok digunakan untuk memecahkan masalah yang
tidak diketahui prosedur pemecahan nya atau dengan kata lain tidak terstruktur
dan non numerik.
TEKNIK PEMBUATAN
-Cara membuat Timer.
Kita bisa menempatkan ini dimana saja, di bagian G_N
kita bisa mengatur timer sesuka kita, dimana sebaiknya level “mudah” akan
mendapatkan waktu yang lebih banyak dan terus berkurang pada level “sedang” dan
“sulit”.
-Cara memanggil timer.
Kita menggunakan perintah dibawah ini, yang bisa kita
letakkan di antara layar start game dan window utama, dimana saat waktu
berakhir kita bisa menyisipkan kata atau kalimat seperti kodingan dibawah yang
berisi kalimat “Waktu habis gank!!".
-Cara membuat Window utama.
Dengan menggunakan perintah sesuai dengan dibawah ini
dan kita bias menempatkannya di bawah “timer”.
-Cara memanggil perintah menu Mulai Baru dan keluar..
Dengan
menggunakan kodingan di bawah ini dan menempatkannya di bawah cara kodingan
membuat window baru.
-Cara membuat Tema pada Pin.
Dibawah ini adalah perintah untuk membuat gambar tokoh
vino, dimana nama file gambarnya adalah “vinno1.bmp”, sedangkan “junnot2.bmp”
adalah nama file gambar untuk membuat gambar tokoh junot. Kita bias memempatkan
kodingan ini dibawah “about”.
-Cara membuat menu “about” dan “help”.
Menu “about” penting agar game yang kita buat memiliki
identitas pemilik. Kita bias menempatkan kodingan dibawah ini di atas cara
mengganti tema pin.
-Cara menyisipkan Info saat dalam keadaan menang,
seri, atau kalah.
Kita bias menempatkan kata atau kalimat yang bias
muncul saat permaianan dalam keadaan menang, seri atau kalah dengan kodingan
dibawah ini. Kita bias menempatkannya dimana saja. Quote-quote yag muncul di
permainan ini adalah quote yang diambil dari film aslinya.
-Tampilan awal : -Tampilan
Permainan :
III PENUTUP
KESIMPULAN
Dalam pembuatan
game tic-tac-toe yang diberi nama “Realita
Cinta dan Rock n Roll”, diharapkan mampu menambah wawasan dalam membuat game dan
kesenangan dengan mengganti tema sesuai karakter apa yang kita sukai. Game ini
menggunakan algoritma minimax dimana sebagai pondasi utama dalam pembentukan game ini.
SARAN
Game ini bisa
dimodifikasi lagi menjadi lebih skala yang lebih kecil jika ternyata 12x12 itu
dirasa terlalu banyak. Apabila bisa disisipkan sebuah suara akan menjadi nilai tambah tersendiri pada game
ini.
DAFTAR
PUSTAKA
ANDRIAN HIDAYAT
tugas softskill: pertemuan 2
GAMBARAN GAME YANG AKAN DI
BUAT
Game
ini menggunakan papan 2 dimensi yang memiliki kotak 12 x 12 atau yang berjumlah
144 kotak. User dan AI diawal permainan di berikan masing – masing 3 pin.
Digame ini terdapat 4 menu yaitu Permainan, Level, Help, dan About. Dimenu
Permainan terdapat submenu yaitu Mulai Baru, dan Keluar. Game ini akan dinamakan
“Realita Cinta dan Rock n Roll” dikarenakan tema dari game ini merupakan
adaptasi dari sebuah Film berjudul serupa, dengan 2 karakter dalam Film
tersebut menjadi masing-masing karakter dari kedua pin dalam permainan ini.
Aplikasi
yang dipakai: Strawberry Prolog
Prolog adalah
bahasa pemrograman logika atau disebut juga sebagai bahasa non-procedural. Nama Prolog merupakan singkatan dari “Programming in Logic“.
Perbedaan Prolog dengan Bahasa Lain
Bisa
dibilang lebih banyak bahasa pemrograman saat ini yang memiliki sistem Procedural
Language, yang penggunaannya menggunakan algoritma terlebih dahulu
dalam membuat suatu penyelesaian. Prosedur dapat dibuat secara berulang sampai
ditemukan solusi yang diinginkan, yang sudah barang tentu dikendalikan oleh si
pembuat program. Inti dari prosedural itu sendiri adalah memberikan sederetan
fungsi atau perintah, sehingga komputer dapat menjalankan pemikiran secara
otomatis untuk mendapatkan solusi.
Prolog disebut
sebagai object oriented language atau declarative
language. Dalam prolog tidak terdapat prosedur, tapi hanya tampilan
data-data object (fakta) yang akan diolah dengan relasi antar object tersebut
yang membentuk suatu aturan. Aturan-aturan ini disebut HEURISTIK dan diperlukan
dalam mencari suatu jawaban, dengan kata lain, prolog dalam prolog adalah
database.
Formal
Reasoning digunakan untuk mencapai goal atau
tujuan, dengan cara menentukan cocok tidaknya tujuan dengan data-data yang
sudah ada beserta relasinya. Dengan kata lainprolog bekerja seperti
yang dilakukan oleh pemikiran manusia, prolog cocok digunakan
untuk memecahkan masalah yang tidak diketahui prosedur pemecahan nya atau
dengan kata lain tidak terstruktur dan non numerik.
Refferensi:
Senin, 07 April 2014
TUGAS SOFTSKILL: ARTIKEL TENTANG GAME
Game
Tic-Tac-Toe
Sudah pernah dengar dengan nama game satu ini??? game
ini merupakan game yang sering dimain kan dan termasuk game yang populer pada
masanya, berikut penjelasn lebih mendalam :
Game tic-tac-toe merupakan
permainan klasik berjenis permainan papan (board-game) dengan papan
permainan berukuran 3x3. Board-game adalah permainan dengan kepingan-kepingan yang ditempatkan di atas, dipindahkan dari
atau digerakkan di atas suatu permukaan khusus, permukaan khusus itu disebut papan
permainan (Sigiro, 2011). Dalam game tic-tac-toe terdapat sembilan buah
ruang (3x3) berbentuk kotak yang bersekat (bidak). Game ini menggunakan dua simbol
pemain yaitu X atau O. Game ini dimulai dengan mengisi salah satu bentuk simbol pada salah satu bidak, hingga tiga
buah simbol yang berbentuk sama
tersusun membentuk garis diagonal, vertikal, atau horizontal. Game ini biasanya dimainkan oleh dua orang pemain, tapi pada
versi game berbasis komputer, pemain lawan dapat
digantikan oleh komputer (Akbar, 2007).
Dalam game ini hasil permainan yang
didapat berupa menang, kalah, atau seri. Hasil permainan dinyatakan
menang jika simbol dari salah satu pemain (player atau komputer)
telah tersusun membentuk garis diagonal, vertikal, atau
horizontal, sedangkan pemain yang lain dianggap kalah. Hasil
permainan dinyatakan seri jika simbol dari kedua permain tidak ada yang
tersusun membentuk garis diagonal, vertikal, atau
horizontal, serta semua bidak papan permainan telah terisi. Dengan adanya kecerdasan buatan yang mampu
meminimalisir kemungkinan untuk pemain (manusia) menang, game ini
akan menjadi sangat sulit untuk dimenangkan oleh pemain (manusia). Bahkan kemungkinan terbaik untuk pemain hanyalah seri. Dengan
kata lain, dengan menggunakan algoritma, komputer tidak akan kalah (Gustania,
2011).
Aturan Game Tic-Tac-Toe
Game tic-tac-toe ini memiliki aturan main (rule) yang digunakan selama berlangsungnya permainan, diantaranya sebagai berikut:
Game tic-tac-toe ini memiliki aturan main (rule) yang digunakan selama berlangsungnya permainan, diantaranya sebagai berikut:
1.
Besar papan permainan berukuran 3x3 atau lebih dengan
deret kemenangan 3 atau lebih, disesuaikan dengan papan permainan.
2.
Pemain dalam permainan ini dibatasi untuk satu lawan
satu, dilakukan bergiliran antara pemain pertama (manusia)
dan pemain kedua (komputer).
3.
Pemain manusia (player) akan dihalangi oleh komputer untuk mencapai tujuan (goal) karena komputer telah diberi kecerdasan buatan sehingga komputer juga
berusaha untuk menjadi pemenang.
4.
Untuk memberikan langkah, setiap pemain harus mengisi
bidak dengan simbol pemain masing-masing, biasanya X atau O.
5.
Setiap pemain hanya mempunyai satu kali kesempatan
pada setiap giliran.
6.
Bidak yang sudah terisi tidak bisa ditimpa oleh
langkah berikutnya.
7.
Langkah yang sudah diambil tidak dapat dibatalkan atau
diganti dengan langkah yang lain.
8.
Tujuan dari game ini adalah untuk mendapatkan
deret dengan tiga simbol atau lebih yang sama secara horizontal, vertikal
atau diagonal.
9.
Pemenang ditentukan oleh pemain yang pertama kali
menyusun deret tersebut.
Gambar Contoh Simulasi Game Tic-Tac-Toe dengan
Kondisi Menang
Aplikasi yang mendukung:
11.Java
22.Strawberry Prolog
33.Delphi
44.Visual Basic
55.Netbeans
Refferensi:
Aplikasi yang saya pakai: Strawberry Prolog
Prolog adalah bahasa pemrograman
logika atau disebut juga sebagai bahasa non-procedural. Nama Prolog merupakan singkatan dari “Programming in Logic“.
Perbedaan Prolog dengan Bahasa Lain
Bisa
dibilang lebih banyak bahasa pemrograman saat ini yang memiliki sistem Procedural
Language, yang penggunaannya menggunakan algoritma terlebih dahulu
dalam membuat suatu penyelesaian. Prosedur dapat dibuat secara berulang sampai
ditemukan solusi yang diinginkan, yang sudah barang tentu dikendalikan oleh si
pembuat program. Inti dari prosedural itu sendiri adalah memberikan sederetan
fungsi atau perintah, sehingga komputer dapat menjalankan pemikiran secara otomatis
untuk mendapatkan solusi.
Prolog
disebut sebagai object oriented language atau declarative
language. Dalam prolog tidak terdapat prosedur, tapi hanya tampilan
data-data object (fakta) yang akan diolah dengan relasi antar object tersebut
yang membentuk suatu aturan. Aturan-aturan ini disebut HEURISTIK dan diperlukan
dalam mencari suatu jawaban, dengan kata lain, prolog dalam prolog adalah
database.
Formal
Reasoning digunakan untuk mencapai goal atau tujuan,
dengan cara menentukan cocok tidaknya tujuan dengan data-data yang sudah ada
beserta relasinya. Dengan kata lainprolog bekerja seperti yang
dilakukan oleh pemikiran manusia, prolog cocok digunakan untuk
memecahkan masalah yang tidak diketahui prosedur pemecahan nya atau dengan kata
lain tidak terstruktur dan non numerik.
0 komentar:
Posting Komentar